Sabtu, 19 Januari 2008

10 Etika Dalam Penggunaan Komputer

Apakah anda pernah menggunakan komputer?? Saya yakin jawaban yg ada lontarkan pasti "Ya, saya pernah menggunakan komputer", bahkan mungkin diantara anda ada yang menjawab, "Komputer adalah hidup saya, dan saya tidak akan terpisah darinya". Namun, apakah anda tahu apa-apa saja etika dalam penggunaan komputer??, sebagian dari anda yg merupakan mahasiswa Informatika UII semester awal pasti tahu apa saja etika dalam penggunaan komputer, karena baru mendapat materi tsb oleh Bpk yudi belum lama ini, namun bagaimana dengan orang lain?, maka Dari itu, dalam blog saya kali ini, saya akan membahas 10 etika dalam penggunaan komputer, itung-itung ngumpulin tugas, saya juga bisa berbagi pengalaman buat yg lain kan..

10 Etika Dalam Penggunaan Komputer :

1. Jangan menggunakan komputer untuk menggangu orang lain, maksudnya adalah kita jangan      merusak komputer orang lain.

2. Jangan mengganggu pekerjaan computer orang lain, maksudnya kita jangan sampai mengotak     atik pekerjaan orang lain.

3. Jangan mengintip file-file yang ada di komputer orang lain tanpa seijin pemilik komputer,     apalagi kalau mengintip file orang lain hanya karena "penasaran".

4. Jangan menggunakan komputer untuk mencuri, maksudnya jangan menggunakan komputer     untuk mengambil account bank orang lain.

5. Jangan menggunakan komputer untuk memberikan kesaksian palsu, apalagi kalau hal     tersebut didasari niat hanya untuk menjelek-jelekan seseorang.

6. Jangan menggunakan komputer untuk mengambil software yang belum anda bayar, hal ini     tentu akan merugikan pembuat software yang bersangkutan.

7. Jangan menggunakan sumber energi orang lain tanpa izin dari yang bersangkutan.

8. Jangan membajak atau mengakui hasil karya orang lain, hal ini sangat merugikan orang yang     menghasilkan karya tersebut, bayangkan jika anda yang berada di posisi "korban" tersebut.

9. Anda harus memikirkan konsekuensi sosial dari program atau sistem yang anda rancang,     jangan sampai program atau sistem yang anda buat malah banyak menuai kritikan pedas dari     masyarakat.

10. Terakhir, anda        harus menggunakan komputer dengan penuh rasa tanggung jawab dan rasa hormat kepada sesama 
       manusia, dengan demikian anda akan mendapatkan hasil yang membanggakan.

nah,itu semua yang harus di pertimbangkan dalam menggunakan komputer, semoga bisa diterima oleh semua.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda